Perbedaan Definisi Antara Investasi Jangka Panjang Dengan Investasi Jangka Pendek

  • Apa itu “Investasi jangka panjang” ?


Sebuah investasi jangka panjang adalah akun di samping aset neraca perusahaan yang mewakili investasi perusahaan, hal ini termasuk saham, obligasi, real estate dan uang tunai yang bermaksud untuk dipertahankan selama lebih dari setahun. Akun investasi jangka panjang berbeda dengan sebagian besar akun investasi jangka pendek karena investasi jangka pendek kemungkinan besar akan dijual, sedangkan investasi jangka panjang mungkin tidak akan pernah dijual.

  • Menguraikan “Investasi jangka panjang”

Bentuk umum dari investasi jangka panjang terjadi etika perusahaan A menginvestasikan sebagian besar sahamnya di perusahaan B dan keuntungannya berpengaruh secara signifikan atas perusahaan B tanpa harus memiliki mayoritas saham voting. Dalam hal ini, harga beli akan ditampilkan sebagai investasi jangka panjang.

Ketika sebuah perusahaan induk atau perusahaan lain membeli obligasi atau saham biasa yang disebut investasi, keputusan tentang apakah harus mengklasifikasikannya sebagai jangka pendek atau jangka panjang memiliki beberapa implikasi yang cukup penting dalam cara aset tersebut dinilai dalam neraca. Investasi jangka pendek ditandai ke pasar, dan setiap penurunan nilai diakui sebagai kerugian. Namun, kenaikan nilai tidak diakui hingga item tersebut dijual. Oleh karena itu klasifikasi laporan neraca sebuah investasi – entah itu jangka panjang atau jangka pendek – memiliki dampak langsung pada laba bersih yang dilaporkan dalam laporan laba rugi.

  • Dimilki hingga jatuh tempo

Jika suatu entitas bermaksud untuk menjaga investasi sampai jatuh tempo tiba dan perusahaan dapat menunjukkan kemampuan untuk melakukannya, investasi tercatat sebagai “yang dimiliki hingga jatuh tempo”. Investasi dicatat pada biaya, walaupun setiap premi ataus dikonto diamortisasi selama investasi itu berlangsung. Investasi jangka panjang dapat ditulis dengan benar untuk mencerminkan nilai yang mengalami gangguan. Namun, ada kemungkinan tidak ada penyesuaian untuk fluktuasi pasar sementara. Dikarenakan investasi harus memiliki tanggal berakhir, efek ekuitas mungkin saja tidak diklasifikasikan sebagai “yang dimiliki hingga jatuh tempo”.

  • Tersedia untuk djual dan perdagangan investasi

Investasi diadakan dengan tujuan penjualan kembali untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek yang diklasifikasikan sebagai investasi saat ini. Sebuah investasi perdagangan mungkin tidak menjadi investasi jangka panjang. Namun, sebuah perusahaan dapat memegang investasi dengan maksud untuk menjualnya di masa mendatang. Investasi ini diklasifikasikan sebagai “tersedia untuk dijual” selama tanggal penjualannya diantisipasi tidak dalam 12 bulan ke depan. Investasi jangka panjang “tersedia untuk dijual” dicatat berdasarkan biaya saat dibeli dan selanjutnya disesuaikan untuk mencerminkan nilai wajarnya pada akhir periode pelaporan. Keuntungan belum direalisasi atau kerugian disimpan sebagai “pendapatan komprehensif lainnya” sampai investasi jangka panjang telah dijual.

  • Apa itu “Investasi jangka pendek” ?

Investasi jangka pendek merupakan bagian dari akun di bagian aset dari neraca perusahaan. Akun ini berisikan setiap investasi yang telah dibuat oleh perusahaan yang diperkirakan untuk dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun. Pada umumnya, akun ini mengandung saham dan obligasi yang dapat dilikuidasi dengan cepat.

  • Menguraikan “Investasi jangka pendek”

Sebagian besar perusahaan di posisi uang tunai yang kuat memiliki akun investasi jangka pendek pada neracanya. Ini berarti bahwa perusahaan tersebut mampu untuk menginvestasikan dana yang berlebihan dalam saham dan obligasi untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari apa yang akan diperoleh dari rekening tabungan normal.

Investasi jangka pendek juga dikenal sebagai investasi sementara. Hal ini biasanya mencakup ekuitas berharga dan surat hutang serta kertas jangka pendek. Karena investasi ini sangat cair, umumnya tepat dibawah kas dan setara pada neraca perusahaan. Investasi online jangka pendek ini biasanya merupakan cara tercepat dapat uang bagi perusahaan maupun individual.

  • Persyaratan

Ada dua persyaratan dasar bagi perusahaan untuk mengklasifikasikan investasi jangka pendek. Pertama, harus cair. Sebuah ekuitas yang tercatat di bursa uama yang sering diperdagangkan harus berkualitas. Sekuritas Perbendaharaan AS juga sangat cair. Kedua, manajemen harus berniat untuk menjual keamanan dalam waktu 12 bulan. Obligasi yang jatuh tempo dalam jangka waktu tersebut juga disertakan.

Efek ekuitas berharga termasuk investasi dalam saham biasa dan preferen. Contoh surat-surat berharga adalah obligasi di perusahaan lain. Hal ini bisa jangka pendek dan harus aktif diperdagangkan dalam pertimbangan yang cair. Kertas jangka pendek memiliki waktu jatuh tempo yang kurang dari 270 hari, seperti tagihan Perbendaharaan AS dan kertas komersial.

  • Contoh

Pada tanggal 31 Maret 2016, Microsoft Corporation memiliki investasi jangka pendek senilai US$ 98,3 miliar pada neracanya. Komponen terbesarnya adalah pemerintah dan lembaga sekuritas AS yang senilai US$ 81,6 miliar. Hal ini diikuti oleh catatan perusahaan atau obligasi (senilai US$ 6,6 miliar), hipotek (senilai US$ 4,7 miliar), dan obligasi pemerintah asing (senilai US$ 5 miliar). Sekuritas kota senilai US$ 332 juta dan sertifikat deposito senilai US$ 146 juta.

Comments are closed.